Makanan Khas Madura

p
Bila Anda menyukai jalan-jalan kuliner dan senang mencoba berbagai macam makanan dari berbagai masakan khas daerah, cobalah pergi ke Madura. Madura memiliki berbagai macam makanan khas Madura. Anda dapat menemuinya di berbagai sudut kota Madura. Tidak hanya berupa warung makan saja, makanan khas madura juga dapat ditemukan pada pedagang keliling yang sedang berjualan di sekitar Madura. Berikut dibawah merupakan macam-macam makanan khas madura yang dapat Anda coba bila Anda berkunjung ke kota Madura:
• Makanan khas madura yang dapat kita temukan salah satunya adalah Nasi Jagung. Nasi jagung terbuat dari beras jagung dan beras padi biasa yang dimasak secara bersamaan. Rasanya sangat unik dan berbeda, dan patut dicoba bagi kalian yang belum pernah merasakan campuran gurih dari nasi dan manisnya jagung.
Tidak heran bila nasi jagung merupakan makanan khas madura, ini dikarenakan di wilayah Madura merupakan daerah yang baik untuk menanam jagung sehingga banyak panen jagung yang dihasilkan di wilayah ini. Jagung di Madura merupakan makanan pokok orang Madura. Sehingga mengkonsumsi nasi jagung bukanlah hal asing bagi orang Madura dan malah menjadi ciri khas tersendiri. Inilah yang membuat Madura terkenal dengan nasi jagungnya sebagai makanan khas Madura.
Nasi jagung ini dapat Anda nikmati dengan berbagai macam lauk-pauk, seperti pepes tongkol dengan sayur lodeh atau dapat pula ditambah dengan urap sayur. Bagaimana? Ingin mencoba makanan khas madura yang satu ini? Dijamin rasanya gurih dan bisa membuat ketagihan!

• Seperti yang kita ketahui, Sate Madura sangatlah terkenal sebagai makanan khas Madura. Siapa yang belum makan sate madura sebaiknya harus segera mencoba makanan khas Madura yang satu ini. Sate dengan bumbu kacangnya sangatlah manis, gurih, dan lezat. Daging sate yang digunakan juga bervariasi, bisa menggunakan daging kambing bisa pula menggunakan daging ayam. Bila Anda menyukai rasa pedas dan gurih, Anda dapat mencampurkan sambal yang juga disediakan kedalam bumbu kacang sate Anda. Sate akan menjadi komplit bila dimakan bersama dengan potongan lontong. Kini Anda tidaklah sulit dalam mencari sate madura, karena sate madura juga dapat di jumpai di berbagai wilayah di Indonesia. Rasanya yang lezat tidak akan membuat Anda bosan setiap kali menyantapnya.
Tidak hanya sate Madura yang ini saja yang terkenal, sate madura yang lain yang terkenal sebagai makanan khas madura adalah Sate Lalat atau yang biasa disebut “Sate Laler”. Mungkin Anda akan salah sangka dan mengira bahwa sate tersebut menggunakan lalat sebagai makanan utamanya, namun kenyataannya tidak seperti itu. Makanan khas madura yang satu ini tidak menggunakan lalat di bagian apapun dalam proses memasaknya, melainkan menggunakan daging kambing atau daging ayam yang dipotong kecil-kecil seperti ukuran lalat sehingga sate ini disebut dengan sate lalat karena menyerupai ukuran lalat. Rasa sate ini juga gurih dan lezat, sehingga Anda patut mencoba makanan khas madura yang satu ini!
Makanan khas Madura yang lainnya adalah Kaldu Soto atau biasa dikenal dengan “Kalsot” yang merupakan kepanjangan dari Kaldu Soto. Kaldu soto memiliki rasa yang sangat unik dan gurih karena campuran bumbu merica dan jahenya didalam kaldu ini pas, apalagi ditambah campuran kikil atau jeroan sapinya. Nikmatnya memakan makanan khas madura yang satu ini adalah saat memakan dengan pelengkapnya berupa taburan tauge dan daun bawang serta perkedel singkong yang lezat. Wow, yummy!
Lezatnya dan gurihnya makanan khas madura ini patut dicoba bagi Anda yang merupakan pecinta makanan. Makanan khas madura ini bahkan sudah memikat para turis mancanegara untuk datang berkunjung ke madura agar dapat mencicipi makanan unik tersebut. Harga yang dipatok para penjual makanan khas madura ini juga tidaklah mahal, melainkan sesuai dengan kocek para mahasiswa. Ayoo, apakah Anda tertarik untuk mencoba?? (mus)

Iklan