Pewarna Makanan Alami

aw
Pada zaman sekarang, penggunaan pewarna makanan sintetis telah marak sekali digunakan di berbagai tempat produksi makanan. Tidak hanya murah saja pewarna makanan buatan juga mudah didapatkan di toko-toko makanan. Namun pewarna makanan sintetis atau buatan ini tidak berpengaruh baik pada tubuh karena memiliki banyak kandungan bahan kimia yang dapat merusak tubuh, penggunaan pewarna makanan buatan ini bila terlalu sering di konsumsi dapat memicu pertumbuhan kanker pada tubuh konsumen tersebut, sehingga ini sangat tidak baik untuk tubuh. Namun, dengan maraknya penggunaan pewarna buatan di pasaran, tidak berarti pewarna makanan alami sudah dilupakan masyarakat. Pewarna makanan alami juga masih sering digunakan terutama bagi mereka yang sangat suka memasak makanan dan bagi mereka yang benar-benar memperhatikan kesehatan. Pewarna alami dapat di gunakan dari berbagai macam tumbuh-tumbuhan seperti pandan, strawberry dan lainnya. Berikut dibawah akan di jelaskan sedikit mengenai pewarna makanan alami yang dapat Anda coba buat di rumah.

• Merah. Bila Anda sangat menyukai strawberry, Anda dapat menggunakan strawberry sebagai pewarna makanan alami Anda. Selain warna merahnya yang sangat cantik, rasa manis campur asam yang diciptakan dari pewarna ini akan memberikan rasa yang segar pula.

• Orange. Suka dengan wortel? Wortel memang sudah tidak asing lagi dalam menjadi pewarna makanan alami. Warna yang dihasilkan juga akan menjadi lebih indah. Pewarna makanan alami ini dapat digunakan di kue-kue yang Anda buat. Sangat indah!

• Kuning. Seperti yang kita ketahui, warna kuning dapat Anda buat melalui kunyit. Kuning yang di hasilkan oleh pewarna makanan alami ini berupa kuning keemasan yang cantik. Sangat baik untuk dijadikan pewarna makanan alami.

• Hijau. Anda dapat membuat pewarna makanan alami menggunakan daun bayam hijau yang dihaluskan. Dapat pula menggunakan daun suji. Namun yang paling sering digunakan sebagai pewarna makanan alami adalah daun pandan, karena selain warna hijau yang dihasilkan bagus, aroma yang diciptakan jugalah sangat khas. Patut dicoba untuk para pemula.

• Biru. Warna biru dapat dihasilkan dari kubis merah. Pewarna makanan alami ini akan terlihat lebih indah bila Anda mencampurkan sedikit baking soda. Warna biru yang diciptakan sangat indah.

• Ungu. Seperti yang sudah kita ketahui, pewarna makanan alami berwarna ungu ini dapat dihasilkan dari buah kecil blueberry. Banyaknya blueberry yang Anda pakai akan menghasilkan warna ungu yang indah tergantung bagaimana Anda mengolahnya.

• Pink. Warna merah muda atau pink dapat dihasilkan dari blackberry. Anda juga dapat menggunakan pewarna makanan alami berupa bit gula.

• Cokelat. Siapa pecinta makanan manis yang tidak suka dengan cokelat? Cokelat bubuk atau cokelat batangan yang dicairkan dapat Anda gunakan sebagai pewarna makanan alami. Pewarna makanan alami ini paling sering digunakan masyarakat hingga saat ini. Tidak hanya warna cokelat saja yang indah, tetapi juga rasa dan aroma yang diciptakan sangatlah membuat tergiur.

Setelah membaca berbagai info mengenai pewarna makanan buatan dan pewarna makanan alami, pewarna makanan apakah yang akan Anda coba kali ini? Semoga artikel ini dapat membantu Anda para pecinta makanan dan para chef rumahan. Selamat mencoba!

Iklan