Makanan Kura-Kura

ku
Kura-kura salah satu hewan peliharaan yang tidaklah sulit dalam di pelihara. Selain lucu dan mudah di pelihara, hewan ini dapat hidup lama hingga berpuluh-puluh tahun lamanya, sekitar 20-40 tahun tergantung jenis kura-kura yang di pelihara dan kesehatan si kura-kura tersebut. Bila di beri makan dengan rutin dan di jaga kesehatannya, dapat dipastikan kura-kura dapat hidup dengan lama. Makanan kura-kura juga tidaklah sulit di cari, karena dapat ditemukan di toko hewan bahkan di semua tempat yang menjual bahan makanan! Wow! Bagaimana bisa? Karena kura-kura dapat pula menjadi omnivora ketika ia sudah beranjak dewasa, walaupun kebanyakan dari kura-kura yang hidup bebas merupakan karnivora. Namun sebelum mengetahui makanan kura-kura apa yang perlu diberikan, Anda para pemilik kura-kura haruslah tahu jenis kura-kura yang di pelihara dan umur dari si kura-kura, agar mempermudah dalam pemberian makannya.

Makanan kura-kura terbagi atas 2 jenis, yang Alami dan yang Buatan. Makanan kura-kura alami adalah berupa cacing, sayur-sayuran mentah, keong air, ikan, daging dan buah. Sedangkan yang tidak alami atau yang buatan, dapat berupa pelet ikan yang dapat di temukan di toko-toko hewan. Kelebihan dari makanan kura-kura buatan ini adalah karena lebih praktis dibandingkan makanan yang alami seperti ikan dan lebih higienis untuk diberikan kepada kura-kura yang Anda miliki serta kandungan nutrisi dari makanan buatan ini lebih komplit dibandingkan dengan yang alami sehingga sangat baik untuk kura-kura. Namun, bukan berarti hanya memberikan pelet ikan saja, tetapi diberikan juga makanan alaminya agar bervariasi.

Pemberian makanan kura-kura juga sangatlah mudah, karena kura-kura suka diet! Hehehe…
Pemberian porsi makanan kura-kura bergantung pada jenis dan umur si kura-kura. Apabila kura-kura yang Anda pelihara merupakan kura-kura Brazil dewasa, maka Anda dapat memberinya makan setiap 2 hari sekali makan dengan porsi makan sedang sampai porsi besar bagi kura-kura. Bila pemberian makan seperti ini, Anda dapat memberinya makan tiga kali seminggu.

Namun bila Anda sedang berhalangan dalam memberinya makan (contohnya, Anda sedang Dinas keluar kota) selama 2 minggu hingga 3 minggu dan lupa memberitahukan kepada teman Anda untuk membantu Anda memberi makan kura-kura Anda, janganlah khawatir! Karena kura-kura dapat menahan rasa laparnya selama 2 sampai 3 minggu. Namun tetap saja, jangan sampai itu terjadi, karena lebih baik untuk rutin memberikan kura-kura Anda makanan, baik itu makanan kura-kura buatan maupun yang alami.

Bila diatas sudah dijelaskan makanan kura-kura apa saja yang dapat Anda berikan kepada kura-kura Anda, selanjutnya ada pula makanan yang TIDAK BOLEH DIBERIKAN kepada kura-kura Anda. Apakah itu? Makanan itu adalah apapun itu yang mengandung Susu. Wow! Mengapa susu tidak dapat diberikan kepada kura-kura? Karena sistem pencernaan kura-kura tidak dapat mencerna laktosa dari susu. Oleh sebab itu, janganlah memberikan makan kura-kura yang mengandung Susu. Namun kura-kura tetaplah membutuhkan kalsium untuk membantu pertumbuhan tulangnya. Lalu bagaimana? Kalsium yang dibutuhkan kura-kura dapat diberikan dengan pemberian suplemen. Karena suplemen kura-kura terdapat vitamin dan mineral yang juga dibutuhkan kura-kura Anda. Pemberian suplemen ini juga dapat Anda lakukan seminggu sekali. Kombinasi dari kalsium dan sinar ultraviolet (matahari) sangatlah baik untuk pertumbuhan tulang kura-kura Anda. Suplemen ini dapat Anda temukan di toko-toko hewan.

Setelah diatas sudah dijelaskan sekilas mengenai makanan kura-kura yang dapat Anda berikan dan yang tidak boleh Anda berikan, bagaimana pendapat Anda? Apakah Anda sudah memberikan makanan kura-kura seperti diatas? Apakah Anda tertarik untuk memelihara kura-kura? Hehehe… Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam memelihara kura-kura Anda. (mus)

Iklan