Makanan Khas Papua

lp

Bagi Anda yang menyukai cita rasa makanan yang berbeda dan lain daripada yang lain, Anda harus mencoba makanan-makanan khas Papua yang kebanyakan menggunakan bahan sagu sebagai makanan pokoknya. Sagu yang dipakai haruslah melalui berbagai proses pembuatan, ini berguna agar tepung sagu yang dihasilkan dapat digunakan untuk membuat berbagai macam makanan khas Papua yang menggunakan bahan makanan utama sagu. Rasa dari sagu itu sendiri adalah tawar, sehingga harus dicampur dengan berbagai macam makanan lainnya agar makanan khas papua ini dapat terasa gurih. Salah satunya makanan khas papua adalah papeda. Papeda digunakan masyarakat Papua sebagai pengganti padi atau sebagai makanan pokok.

Makanan khas Papua berupa papeda haruslah dikombinasikan dengan lauk-pauk berkuah, seperti kuah ikan kuning. Ini tidak hanya ditujukan untuk memberi rasa asam dan gurih pada rasa tawar yang diciptakan dari sagu pada papeda, melainkan juga agar papeda yang lengket tersebut dapat diputuskan dengan cara dibasahi papeda tersebut menggunakan kuah ikan. Uniknya, cara makan papeda dengan kuah ikan kuning ini adalah dengan menggunakan sebelah tangan atau mungkin hanya 3 jari saja yang berguna untuk memutuskan papeda yang lengket tersebut. Unik bukan?

Makanan khas Papua yang lainnya adalah Ikan Bakar Manokwari, yaitu merupakan ikan tongkol yang dibakar dan ditaburi sambal khas papua yang lezat. Mungkin cara membakar ikan tongkol ini memang sudah biasa, namun, rasa makanan khas papua ini justru sangat lezat dan terasa sekali bumbunya di lidah sehingga Anda dapat merasa ketagihan disetiap potongan ikan yang sudah dimakan. Bumbu yang digunakan makanan khas papua ini adalah campuran dari bawang merah, cabai merah dan garam dengan sedikit gula pasir. Rasa yang lezat ini timbul dari segarnya ikan yang dibakar ditambah bumbu pedas-manis yang dilumuri diatas ikan. Dapat dimakan dengan sagu batangan maupun dengan di campur singkong yang di rebus. Rasanya sangat WOW!

Bila Anda sudah berkunjung ke Papua dan mencoba hal-hal diatas, jangan lupa untuk membeli oleh-oleh camilan yang terbuat dari sagu makanan khas papua. Camilan ini bentuknya kecil setengah jari-jari orang dewasa dan pastinya terbuat dari tepung sagu. Makanan khas papua ini sering disebut dengan nama, kue Bagea. Bentuknya yang keras tetapi renyah ini mempunya daya tarik tersendiri bagi para wisatawan kuliner dari berbagai tempat, baik lokal maupun luar negeri.

Makanan khas Papua yang terakhir yang akan kita bahas ialah sagu batangan. Diproduksi dari tepung sagu kemudian dicetak dan dijemur pada cuaca yang cerah di siang hari. Sagu batangan ini dapat bertekstur lembek dan dapat pula bertekstur keras. Anda dapat memakan sagu batangan ini dengan berbagai macam cara, salah satunya mencelupkannya kedalam teh apabila Anda menyukai rasa manis dan renyahnya sagu batangan. Sedangkan dapat pula Anda memakannya bersamaan dengan menggunakan lauk-pauk yang gurih dan lezat seperti Ikan bakar manokwari, kuah ikan kuning, rebusan daun singkong atau rebusan daun pepaya, atau lauk-pauk yang lain. Dijamin, rasanya yang unik akan bikin Anda jatuh hati dengan makanan khas papua ini. Berani mencoba?

Iklan